Cara menggunakan domain Co.cc dengan blogspot.com

Pengen merubah Domain Blogger menjadi Domain co.cc ?

Nich gue kasih tau carany….. Ok coy….

Contoh domain saya di blog adalah http://www.arya.culun.blogger.com Saya akan ubah menjadi http://www.arya-culun.co.cc . Kenapa cuman blogspot doang. Karena blogspot/blogger.com menyediakan fasilitas kustom domain untuk redirect DNS. Yang lain belum tau. Nanti menyusul Syarat Harus ada akun (account) di blogger dan di http://www.co.cc. Jadi anda harus punya blog dulu di blogger.com. Kalau belum punya silakan daftar dulu. Bagi yang sudah, tinggal ikuti tutorial ini. Usahakan gunakan blogger yang baru aja untuk latihan. Untuk memastikan agar tidak terjadi kekacauan. Kalau blog anda sudah ramai dan terkenal mendingan jangan dipakai untuk percobaan. Lebih baik anda membuat satu domain blogspot yang baru aja. Nanti kalau sudah ahli dan yakin silakan praktekkan pada domain sendiri.
DisclaimerSaya tidak bertanggungjawab bila blog/situs anda mengalami kerusakan yang tidak diinginkan. Gunakan blog yang baru saja untuk mencoba.
Masa waktu approve domain Co.cc tidak memasang janji waktu kapan domain akan diaprove. Karena tergantung server dan permintaan dari pengunjung. Ada yang bilang butuh 5-12 jam. Ada yang bilang satu hari baru bisa online domainnya. Jadi dimohon bersabar saja bila sudah selesain konfigurasi dan acak sistem.
Daftar domain di http://www.Co.cc Silakan daftarkan domain anda di sini http://www.co.cc. Pilih menu “Create an account now” di pojok atas kanan. Isikan data anda dengan benar.
Kalau proser registrasi berjalan sempurna, maka anda akan didirect ke jendelan berikutnya yaitu “Domain Settings | Update Your Account and Domain“.
Di halaman ini anda harus melakukan pembuatan domain baru. Silakan klik link “Getting A New Domain”
Anda akan menjumpai halaman “ Getting A New Domain | Choose a domain name “. Di halaman anda dipersilakan membuat domain baru, namun terlebih dahulu diwajibkan untuk mengecek domainnya. Silakan ketik domain yang anda inginkan. Check avalaibility-nya. Untuk memastikan bahwa domain yang didapat adalah gratis(free) maka usai mengisikan domain halaman yang muncul adalah pemberitahuan soal domain tersebut. Bila domain ada (availability) dan free (gratiszzzz) maka muncul halaman seperti dibawah ini

http://www.arya-culun.co.cc is available
• Free

• Full DNS control and domain management

Awas Jangan keliru.
Selanjutnya klik tombol “Continue to registration“. Akan muncul halaman baru yaitu ” Getting A New Domain | Domain Registration ” dan pemberitahuan mengenai ” Your new domain has been successfully registered.” Selanjutnya klik tombol “SETUP”
Muncul halaman baru yaitu “Domain Settings | Update Your Account and Domain ” Pilihan anda adalah di nomor dua yaitu “Zone records“. Klik option radio “2. Zone records” untuk menampilkan setting-an.

Pilihan_zone_records(arya)

Akan muncul kotak “Add a record

arya 1

Isikan host nama domain anda di sini. Misalnya saya membuat domainnya adalah www.arya-culun.co.cc, maka isikan nama domain tersebut di kotak HOST. TTL-nya bernilai 1 D, sementara TYPE-nya pilih CNAME, di kotak isian VALUE adalah ghs.google.com. ghs.google.com adalah nilai CNAME/DNS nya milik blogger.com/google yang akan mengubah url arisyarifudin.blogspot.com menjadi www.arya-culun.co.cc,

Kalau sudah klik tombol SETUP. Kalau berhasil akan muncul informasi seperti di bawah ini.

arya 2

Sekarang tinggal ubah setting di Dashboard di blogger.com

Sebelum Lanjut Ke Dashboard blogger…..Gue mau Istirahat Dulu Coy… Capek Bgt Nich…………..capek

Ok Coy Q-ta lanjut lg………

Setting di Dashboard blogger.com

Sekarang saatnya praktek. Silakan anda masuk ke blogger.com. Bagi yang belum punya blog di blogspot/blogger.com silakan buat dulu. Di tampilan awal depan dashboard, pilih blog yang akan diubah domainnya.

arya-4

Pilih link settings untuk langkah selanjutnya. Kemudian akan muncul tampilan

Dashboard blogger seperti di bawah ini.

ARYA-EMOY

Selanjutnya pilih Tab Setting/Pengaturan, kemudian pilih sub tab Publishing/Publikasikan. Anda akan menjumpai deretan kalimat “you are publishing onblogspot.com, bla-bla-bla”. Fokuskan mata anda pada teks “switch to custom domain“. Inilah biang masalahnya. Silakan klik pada link “custom domain

ARYA-7

Selanjutnya klik link “Already own a domain? Switch to advanced settings” di sebelah kanan.

ARYA-8

Akan muncul tampilan jendela “Advanced Settings/Pengaturan Lanjut” di bagian your domain/domain anda. Isikan domain yang anda punya hasil pendaftaran di www.co.cc.

arya-9Misalnya di atas kasusnya saya membuat domain www.arya-culun.co.cc, maka isikan nama domain yang anda buat sebelumnya di http://www.co.cc. Kalau sudah klik tombol “Save Settings

Untuk menguji apakah settings blogger anda sudah sempurna adalah dengan mengetikan nama blog anda. Kalau anda sudah benar menuliskan serttingnya di Dashboard blogger, maka ketika anda membuka blogspot anda akan muncul halaman seperti di bawah ini.

arya-10

Ok coy sekarang Domain Kamu dah berubah menjadi co.cc ……..

smoga bermanfaat Coy……

berseru


About arya culun

Q orangny biasa aj.....kagak terlalu pinter & kagak terlalu Gublug.......

Posted on Juni 23, 2009, in KOMPUTER&INTERNET and tagged . Bookmark the permalink. 2 Komentar.

  1. waw amazing. gue coba ah. thank you yah. gue orang yg baru nh d dunia blog

  2. @ rafael : Sama2x Bro…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: